Manfaat Cabe keriting bagi kesehatan tubuh manusia

 0
Manfaat Cabe keriting bagi kesehatan tubuh manusiaby adminon.Manfaat Cabe keriting bagi kesehatan tubuh manusiaYang suka pedas memang pastinya tau dan doyan dengan cabe keriting ini, rasa pedasnya yang tinggi dan warna merahnya menggoda lidah ingin segera memakannya. Dicampur dengan soto atau dengan mie instan, atau juga dengan makanan lainnya, cabe ini seakan bisa menjadi penguat citarasa dari sebuah hidangan. Dan hampir seua masakan di indonesia ini menggunakan cabe. […]

Yang suka pedas memang pastinya tau dan doyan dengan cabe keriting ini, rasa pedasnya yang tinggi dan warna merahnya menggoda lidah ingin segera memakannya. Dicampur dengan soto atau dengan mie instan, atau juga dengan makanan lainnya, cabe ini seakan bisa menjadi penguat citarasa dari sebuah hidangan. Dan hampir seua masakan di indonesia ini menggunakan cabe. Penggemarnya mulai dari anak-anak hingga dewasa dan lansia pun masih ada.

39296767display

Salah satu jenis cabai yang banyak digunakan terutama bagi masyarakat Asia adalah cabe keriting. Rasa pedas yang dihasilkan oleh cabe keriting mampu memberi rasa puas tersendiri bagi mereka para penggemar pedas. Cabai dapat menambah nafsu makan serta melezatkan makanan namun di sisi lain, cabai membuat makanan terasa pedas dan panas. Cabai merupakan anggota dari genus capsicum dimana memiliki kubu yang berlawanan yaitu mereka yang suka dan sebagian lagi yang tidak suka. Cabe kriting memiliki warna merah menyala dengan tekstur bergelombang dan bentuk kurus panjang.

Berikut ini adalah manfaat alami cabai yang sangat baik untuk tubuh kita :

  1. Bagus untuk menjaga daya tahan tubuh

Tahukah anda jika ternyata cabe keriting memiliki banyak fungsi dimana salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh? Cabai memiliki kandungan vitamin C yang terkenal hebat dalam melindungi sel – sel tubuh dari ancaman radikal bebas. Manfaat vitamin cyang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, terutama untuk menguatkan kekebalan tubuh dalam cuaca ekstrem.

  1. Bagus untuk kesehatan mata

Tidak dapat dielakkan lagi jika kesehatan mata akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Cabai keriting dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan mata melalui kandungan vitamin A nya. Vitamin yang satu ini bisa pula anda temukan dalam menu lain seperti buah juga sayur. Karena manfaat vitamin a yang baik untuk tubuh menjadikan cabai sering dijadikan bahan makanan selain sebagai bumbu penambah rasa pedas pada makanan.

  1. Memicu gairah seks

Bagi anda yang sudah menikah, kehebatan cabe keriting atau cabe merah dapat membantu meningkatkan sistem syaraf serta memicu gairah seksual. Menurut Christine Pirello dalam Huffingtonpost, cabe merah bagus untuk seks karena endorphin yang dihasilkannya.

  1. Merangsang nafsu makan

Capsaicin dalam cabai ternyata berperan pula dalam membantu merangsang nafsu makan. Capsaicin dalam cabai mampu merangsang produksi hormon erdorphin di dalam tubuh yang mampu membangkitkan rasa bahagia dan nikmat. Sama halnya denganmanfaat buah naga, kandungan yang ada dalam cabai dapat memberikan nafsu makan bertambah banyak karena rasa pedas yang dirasakan saat mengkonsumsi cabai.

  1. Mengencerkan lendir

Bagi anda yang tengah flu dan hidung kurang lega akibat tersumbat, maka keberadaan cabai dapat membantu anda dalam menyingkirkan sumbatan di hidung. Tidak hanya cabe keriting, namun jenis cabai apapun, mulai dari cabai rawit, cabai merah dan lain – lain, dapat membantu anda dalam mengeluarkan lendir dengan cara mengencerkannya.

Cabai mengandung zat yang bernama capsaicin yang berkhasiat dalam mengencerkan lendir. Hal ini berlaku pula bagi mereka yang menderita sinuitis juga batuk berdahak. Kehebatan capsaicin tidak hanya berperan dalam melegakan saluran pernapasan, namun dapat pula digunakan dalam:

  • Mencegah terjadinya jantung koroner karena mampu mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah
  • Mengatasi masalah impotensi
  • Mencegah terjadinya stroke
  • Mencegah terjadinya penyumbatan darah
  1. Menghilangkan rasa dingin

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dalam mengonsumsi cabai adalah mampu menghilangkan rasa dingin. Rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai dapat memicu rasa panas yang mempu membuat tubuh terasa gerah sehabis mengonsumsinya. Selain itu, cabai yang dioleskan secara langsung pada bagian anggota tubuh dapat mengusir rasa dingin.

Untuk menghingkan rasa pedas karena cabai ini dapat juga dengan meminum air hangat. Selain manfaat air hangat dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dapat juga menghilangkan dahaga pedas.

  1. Memberi tambahan kalsium dan fosfor

Cabai mengandung kalsium juga fosfor yang berperan dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang tubuh anda.  Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi ikan nila, sebab manfaat ikan nila juga banyak mengandung fosfor yang baik untuk tubuh, telebih jika kedua bahan ini di satukan.

  1. Meringankan sakit kepala

Manfaat cabai berikutnya adalah untuk meringankan sakit kepala dan juga nyeri sendi. Zat capsaicin dalam cabai dapat menghadang sinyal dari rasa sakit dari sisitem syarat ke otak. Untuk meringankan sakit kepala juga dapat menggunakan manfaat daun salamyang berguna untuk mengurangi rasa migran yang sedang dirasakan.

Keberadaan cabai sejak zaman nenek moyang ternyata sudah banyak digunakan untuk pelengkap makanan juga pengobatan. Selain itu, cabai juga mereka gunakan sebagai alat untuk menggambar maupun menulis. Manfaat cabai sendiri belum banyak orang yang tahu karena banyak yang mengira jika bahan masakan yang satu ini hanya berguna dalam menambah rasa pedas semata. Keberadaan cabai yang memiliki banyak manfaat tentu baik bagi anda untuk mulai menambah bahan pelengkap cabai di dalam menu harian anda.

Bukan hanya cabainya saja yang berguna, namun daun dari tumbuhan cabai ternyata juag memiliki manfaat. Daun cabai yang ditumbuk atau digiling ternyata dapat digunakan untuk mengatasi bisul juga sakit perut.

Bahaya dalam Mengonsumsi Cabai

Ketika hendak mengonsumsi cabai, ada baiknya jika anda mengetahui betul bagaimana kondisi anda. Jika tubuh anda tidak kuat dengan rasa pedas yang dihasilkan, tentu anda harus mengurangi jumlah konsumsi cabai anda. Mengonsumsi cabai secara berlebihan, membuat anda terserang gangguan pencernaan mulai dari sakit perut hingga diare.

Cabai memiliki zat yang bernama capsaicin yang merupakan zat yang membuat cabai memiliki rasa pedas. Zat satu ini merupakan zat kimia keras yang bahkan dapat dijadikan sebagai peper spray yang mampu membuat mata buta.

Untuk menetralisir rasa cabai yang cukup pedas, anda dapat mengonsumsinya dengan diramu dalam masakan sehingga rasa pedas tidak akan terlalu berasa. Gunakan takaran yang sesuai untuk menghindari dampak negatif.

Demikian yang bisa kami sampaikan untuk anda, semoga dengan artikel ini bisa memberikan referensi kesehatan secara alami untuk tubuh anda. selamat mencoba dan semoga berguna untuk anda sekalian.

Incoming search terms:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply