Teori kuliah tentang Manajemen Pemasaran

 0
Teori kuliah tentang Manajemen Pemasaranby adminon.Teori kuliah tentang Manajemen PemasaranManajemen merupakan usaha manusia dalam mengatur usaha meliputi perencanaan, perawatan, pengendalian dan pengawasan, dan itu semua dilakukan demi terciptanya keselarasan dalam sebuah usaha atau badan. Perlu sekali sebuah usaha ini memiliki manajemen dimana semua bisa terkendali terawasi dan mengurangi rasa khawatir dari kebangkrutan, walaupun hal tersebut tetap saja bisa terjadi Langkah untuk mencapai hal tersebut diperlukan pengelolaan […]

Manajemen merupakan usaha manusia dalam mengatur usaha meliputi perencanaan, perawatan, pengendalian dan pengawasan, dan itu semua dilakukan demi terciptanya keselarasan dalam sebuah usaha atau badan. Perlu sekali sebuah usaha ini memiliki manajemen dimana semua bisa terkendali terawasi dan mengurangi rasa khawatir dari kebangkrutan, walaupun hal tersebut tetap saja bisa terjadi

marketing

Langkah untuk mencapai hal tersebut diperlukan pengelolaan yang baik dalam melaksanakan seluruh kegiatan pemasaran, pengelolaan dalam rangka melaksanakan kegiatan tersebut yang dikenal dengan istilah manajemen pemasaran. Pada kesempatan kali ini akan membahas lebih jauh mengenai pengertian dan bagaimana strategi pemasaran yang baik. Seluruh perusahaan menginginkan bahwa seluruh kegiatan yang dijalankan berjalan dengan baik, berkembang dan mendapatkan laba yang maksimal. Akan tetapi alangkah lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pada dasarnya manajemen itu terdiri atas perancangan dan pelaksanaan rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari kepada para bawahan.

Secara umum manajemen mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :

  1. Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
  2. Melaksanakan rencana tersebut
  3. Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).

Pengertian manajemen pemasaran menurut beberapa ahli :

  1. Menurut Philip Kotler
    Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Menurut American Marketing Association
    Dalam Kotler dan Susanto (2000), mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.
  3. Menurut Assauri (1999)
    Manajemen pemasaran merupakan kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi dalam jangka panjang.

Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.

Manajemen pemasaran terjadi apabila salah satu pihak dari pertukaran sosial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai yang dikehendakinya.

Demikianlan ulasan mengenai pengertian manajemen pemasaran semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply