Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan Sekolah

 0
Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan Sekolahby adminon.Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan SekolahContoh Proposal Pengajuan Perpustakaan Sekolah – Perpustakaan didirikan untuk kepentingan para siswa dalam memudahkan mereka mencari sumber ilmu yang memang mereka cari, mereka butuhkan untuk materi dari guru mereka di sekolah, sudah sepatutnya perpustakaan mendapatkan perhatian khusus dari pihak sekolah, karena keberadaannya di sekolah dapat menjadi sarana pembantu belajar mereka. maka dari itu, bila ada yang […]

Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan Sekolah – Perpustakaan didirikan untuk kepentingan para siswa dalam memudahkan mereka mencari sumber ilmu yang memang mereka cari, mereka butuhkan untuk materi dari guru mereka di sekolah, sudah sepatutnya perpustakaan mendapatkan perhatian khusus dari pihak sekolah, karena keberadaannya di sekolah dapat menjadi sarana pembantu belajar mereka. maka dari itu, bila ada yang memerlukan Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan Sekolah

perpustakaan

PROPOSAL BUKU PERPUSTAKAAN

  1. PENDAHULUAN

Dalam ilmu pengetahuan, membaca adalah salah satu hal yang wajib untuk seluruh manusia yang memiliki daya pikir, terlebih bagi peserta didik yang masih membutuhkan ilmu pengetahuan sebagai bekal hidup di masa yang akan datang. Dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan kegiatan membaca dalam melaksanakan seluruh aktivitasnya, baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Begitulah pentingnya peran membaca di dunia.

Sejarah islam mengatakan bahwa ayat alquran yang pertama kali diturunkan untuk nabi Muhammad SAW adalah “Iqra” yang artinya bacalah. Maksudnya adalah bahwa ALLAH memberikan pesan kepada nabi Muhammad SAW agar belajar membaca sebagai dasar ilmu untuk ilmu yang lainnya.

Di era sekarang, perpustakaan adalah satu-satunya wadah tempat dimana siswa atau seseorang bisa mendapatkan fasilitas untuk kegiatan membaca dimana perpustakaan adalah tempat atau ruangan yang menyediakan berbagai jenis buku baik buku  di bidang sosial, politik, agama, ilmu pelajaran maupun buku lainnya yang menjadi sumber si pembaca sebagai bahar referensi hidup mereka masing-masing.

  1. LATAR BELAKANG

Undang – undang RI Nomor 43 Tahun 2007 menjelaskan bahwa kewajiban setiap unit sekolah harus menyediakan unit perpustakaan sebagai gudang ilmu dalam bentuk tulisan. Dengan demikian peran perpustakaan di sekolah adalah hal yang paling wajib dan diprioritaskan.

Banyaknya kebutuhan siswa terhadap ilmu pengetahuan melalui media buku yang terdapat pada perpustakaan mendorong sekolah untuk terus berupaya melengkapi isi perpustakaan sebagai bentuk pemberian pelayanan fasilitas siswa di bidang kebutuhan baca atau membaca. Namun hal itu tentu tidak bisa diwujudkan secara cepat mengingat anggaran sekolah yang dikucurkan untuk melengkapi seluruh isi perpustakaan tersebut sangat terbatas.

  1. DASAR HUKUM
  2. Undang- undang  RI Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
  1. TUJUAN

Adapun tujuan proposal ini dibuat adalah sebagai media penyampaian hajat permohonan bantuan penyediaan barang-barang/jasa yang menjadi kebutuhan perpustakaan. Baik itu dalm bentuk buku maupun dalam bentuk lainnya. Proposal ini dibuat oleh pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Dumai dan akan di tujukan kepada pihak Perpustakaan Daerah Kota Dumai sebagai pemberi bantuan.

  1. TUJUAN YANG DICAPAI

Setiap manusia pasti memiliki keinginan tujuan hidup positif dalam karir hidupnya, begitu juga dengan kami selaku pemohon pasti memiliki keinginan dan harapan yang tinggi pada proposal ini.

Adapun tujuan yang dicapai adalah terbentuknya suasana perpustakaan yang layak huni/kunjung dengan berbagai jenis buku bacaan dari berbagai cabang ilmu yang tersedia dan peralatan mendukung lainnya yang memadai. Hal ini nantinya tentu akan menjadi daya tarik/minat tersendiri bagi peserta didik untuk mengunjungi perpustakaan SMP Negeri 14 Dumai. Bahkan para peserta didik tidak hanya sekedar mengunjungi perpustakaan dimana hanya sekedar membaca namun bisa menjadikan perpustakaan sumber sosial dan sumber ilmu pengetahuan.

  1. ANGGARAN

Untuk anggaran penyediaan permohonan tersebut, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak pemberi bantuan berdasarkan ketentuan dan  program kegiatan yang berlaku di instansi.

Hal yang harus diperhatikan bersama adalah permohonan bantuan yang dipinta tersebut  dalam bentuk barang bukan uang tunai. Dengan demikian kami sebagai pemohon tidak akan menyebutkan harga nominal barang dan jasa yang dibutuhkan. Untuk harga barang/jasa adalah wewenang pemberi bantuan.

  1. ESTIMASI ANGGARAN

Adapun estimasi anggaran yang diajukan sebagai berikut:

  1. Buku
No. Klasifikasi  buku Jenis buku Ket
297 Buku pengetahuan agama
297.122 – 124 Alquran dan Hadist
000 Karya Umum
413 Kamus Besar Bahasa Indonesia
423 Kamus Besar Bahasa Inggris
100 Ilmu Filsafat
150 Psikologi
300 Ilmu Sosial
400 Ilmu Bahasa
600 Teknologi
700 Kesenian dan Olahraga
800 Kesusastraan
810-819 Kesusastraan Indonesia
810.3 Fiksi
810.308 Fiksi khusus
810.301 Cerita pendek
810.08 Kumpulan teks kesusastraan
398.2 Kebudayaan dan cerita rakyat (foklor)
900 Sejarah dan Geografi
500 Ilmu alam dan Matematika
  1. Rak buku dan penyandar buku
No Nama barang Jumlah barang
1 Rak buku besi 3 set
2 Penyandar buku 20 pasang
  1. PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat untuk dapat dipergunakan seperlunya. Besar harapan kami seandainya proposal ini dapat terwujud selengkap-lengkapnya sehingga dapat bermanfaat nantinya bagi peserta didik di SMP Negeri 14 Dumai. Namun dalam hal penulisan proposal ini tentunya terdapat silaf dan salah, baik di sengaja maupun tidak sengaja. Bak kata pepatah melayu mengatakan :

Tak ada sungai yang tak mengalir

Tak ada gading yang tak retak

Tak ada mutiara yang tak berkilau

Tak ada manusia yang tak kilaf

Untuk itu, jika kesalahan itu memang benar adanya kiranya dapat dimaafkan sepenuh hati dimana penulis proposal adalah manusia yang tak luput dari salah.

  1. LEMBAR PENGESAHAN
 

 

 

 

 

 

 

Diketahui,

Dumai, 30 Mei 2014

Kepala Pustaka SMPN 14 Dumai

 

 

 

SYAHRUL AFFANDI,S.Pd

NIP. 198609242008011003

 

Kepala Sekolah SMPN 14 Dumai

 

 

 

RAMINAH,S.Pd.I

NIP. 196208291088032004

 

Pengawas Sekolah SMPN 14 Dumai

 

 

 

Drs.ABDUL HADI

NIP. 196006061988031004

 

Begitulah contohnya yang bisa kami berikan kepada anda. semoga bisa menjadi contoh yang selanjutnya di pakai dalam rangkaian proses mendirikan perpustakaan yang anda maksud.

Incoming search terms:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply