Cara mudah ibu hamil melakukan gerakan senam

 0
Cara mudah ibu hamil melakukan gerakan senamby adminon.Cara mudah ibu hamil melakukan gerakan senamBetapa senangnya, seorang wanita yang telah menikah, akhirnya mengandung buah cintanya dengan sang suami. ini yang akan dialami oleh setiap perempuan, akan mengandung dan melahirkan, sebuah kodrat yang dari maha kuasa. Jelas setiap ibu atau orang tua, akan melakukan yang terbaik untuk anaknya. Bahkan tak perlu meunggu sampai lahir, sejak dalam kandungan pun sudah diberikan […]

Betapa senangnya, seorang wanita yang telah menikah, akhirnya mengandung buah cintanya dengan sang suami. ini yang akan dialami oleh setiap perempuan, akan mengandung dan melahirkan, sebuah kodrat yang dari maha kuasa. Jelas setiap ibu atau orang tua, akan melakukan yang terbaik untuk anaknya. Bahkan tak perlu meunggu sampai lahir, sejak dalam kandungan pun sudah diberikan perhatian yang maksimal demi kesehatan sang jabang bayi.

Disarankan ibu hamil untuk melakukan senam, pasti awal-awal akan aneh, mengapa senam, dalam benak kita pasti senam itu cape, banyak gerak, dan olahraga dengan tempo cepat, namun berbeda dengan senam untuk ibu hamil, lebih dekat pada gerakan yoga.  Senam ibu hamil merupakan terapi melalui gerakan khusus ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan yang lancar dan sebagai pengendalian emosional.

shutterstock_155123558-squatting-3

Apakah aman ibu hamil melakukan senam ?

Sebelum memutuskan untuk melakukan senam khusus ibu hamil, sebaiknya para ibu berkonsultasi kepada dokter kandungan agar diketahui apakah kondisi kehamilan tersebut berisiko atau tidak. Senam ibu hamil ini aman dilakukan bagi kehamilan yang tidak berisiko. Gerakan senam ibu hamil ini tidak begitu energik bahkan senam tersebut tidak mengeluarkan keringat yang banyak tetapi berkhasiat untuk mengendurkan otot-otot serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih rileks.

Bagaimana cara melakukan senam ibu hamil ?

Para ibu hamil dapat melakukan senam ini dirumah namun untuk tahap awal harus didampingi oleh tenaga ahli. Hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Persiapkan matras atau yang dapat dijadikan alas untuk melakukan senam.
  2. Duduklah di atas alas tersebut dengan posisi besila lalu punggung ditegakkan dan tangan diletakkan pada kaki seperti sedang meditasi.
  3. Mulai mengatur pernapasan dengan cara menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan melalui hidung dan lakukanlah gerakan ini selama 5 menit.
  4. Luruskan kaki kedepan, condongkan tubuh ke belakang lalu kedua tangan akan menjadi tumpuan di belakang. Gerakan senam yang baik untuk ibu hamil, salah satunya dengan mengangkat kedua kaki ke atas lalu turunkan ke bawah setelah itu anda dapat menggerakkannya ke arah samping kanan dan kiri dengan posisi kaki tetap lurus dan lakukan berulang-ulang dalam waktu beberapa menit.
  5. Gerakan selanjutnya adalah dengan mengubah posisi dengan seperti merangkak dengan posisi kepala, punggung dan pantat dalam keadaan sejajar. Lakukan senam dengan menurunkan kepala sampai anda bisa melihat perut dan tahan dengan gerakan tersebut dalam waktu beberapa menit dan kembali pada posisi sebelum dan ulangi gerakan ini secara pelan.
  6. Senam ibu hamil ini sangatlah santai dan mudah dilakukan dan gerakan selanjutnya adalah dengan mengubah posisi dengan membaringkan tubuh dalam keadaan miring ke kiri atau kanan dan letakan bantal dibawah perut dan kepala. Luruskan tangan ke depan dan kaki dalam keadaan lurus selanjutnya pindahkan gerakan tangan kaki dan tangan dengan menekuknya ke arah perut secara bersamaan dan tahan dengan gerakan ini dalam waktu beberapa menit dan kembali posisi semula.
Bagi yang ingin melakukan senam ini, harap berkonsultasi juga dengan bidan atau dokter kandungan yang ada di sekitar anda. ini dikarenakan, walau ringan, gerakan senam ini, tidak semua wanita sama akan daya tahan tubuhnya, maka dengan berkonsultasi kepada dokter, akan tahu seberapa lama, dan gerakan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sekian ulasan nya dari kami redaksi. selamat mencoba

Incoming search terms:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply