Pertolongan pertama pada luka gigitan binatang

 0
Pertolongan pertama pada luka gigitan binatangby adminon.Pertolongan pertama pada luka gigitan binatangPertolongan pertama pada luka gigitan binatang – Memelihara seekor hewan yang dianggap bisa menjadi teman seperti anjig atau kucing, memang sangat menyenangkan. Terlebih jiga terawat dan juga jinak sangat menyayangi kita. Namun pernahkah anda mengalami peristiwa yang menakutkan, misal dikejar anjing gila, yang selalu berliur dan bertingkah buas? ini yang disebut dengan rabies yaitu suatu kelainan […]

Pertolongan pertama pada luka gigitan binatang – Memelihara seekor hewan yang dianggap bisa menjadi teman seperti anjig atau kucing, memang sangat menyenangkan. Terlebih jiga terawat dan juga jinak sangat menyayangi kita. Namun pernahkah anda mengalami peristiwa yang menakutkan, misal dikejar anjing gila, yang selalu berliur dan bertingkah buas? ini yang disebut dengan rabies yaitu suatu kelainan pada anjing yang membuatnya menjadi buas dan tak terkendali, bisa dikatakan anjing gila.

gigitan-anjing

Bahaya nya apabila terkena gigitannya, walaupun tidak seberacun bisa ular, tetapi liur yang kotor dari anjing gila ini, mengandung bakteri yang bisa melumpuhkan dan menurunkan metabolisme, Kali ini redaksi ingin berbagi pengalaman dalam melakukan pertolongan pertama pada luka gigitan binatang, seperti berikut ini :

1. Segerakan untuk mencuci luka bekas gigitan tersebut menggunakan air bersih. Ini dimaksudkan untuk membuang air liur atau lendir yang berasal dari binatang yang tertinggal pada luka itu. Adapun waktu yang diperlukan untuk mencuci luka sekitar 5 menit dan sertakan busa sabun pada air yang digunakan untuk mencuci.

2. Mencuci luka tersebut, Anda membasuh luka dengan teliti dan juga harus memastikannya sampai benar bersih. Setelah semua tercuci dengan merata, selanjutnya balut atau bungkus luka bekas gigitan dengan perban atau sobekan kain bersih yang lumayan panjang. Akan sangat baik jika bahan yang di gunakan sebagai pembalut itu menggunakan kain kasa.

Setelah semua dipastikan baik, segera bawa ke dokter atau mantri terdekat. Petugas medis akan langsung memberikan penanganan yang lebih lanjut dengan baik. Dan dokter juga akan memberikan beberapa saran yang harus dilaksanakan terkait dengan usahan penanganan luka itu selanjutnya.

apabila luka itu berasal dan gigitan anjing atau kucing yang tidak dikenal, usahakan agar dapat menangkap binatang tersebut. Usaha penangkapan ini perlu dilakukan untuk mencegahnya jatuhnya korban susulan dimana hewan itu mungkin akan melakukan gigitan serupa pada orang lain.

Jika berhasil ditangkap, selanjutnya diserahkan ke dinas kesehatan guna kelanjutan pemeriksaan. Jika kemudian ditemukan bahwa binatang tersebut mengandung atau menderita rabies, korban gigitan akan segera mendapatkan penanganan berupa perawatan anti rabies.

Demikianlah tentang pertolongan pertama pada gigitan binatang yang mungkin anda butuhkan dan berguna dikemudian hari, Jadikan artikel ini sebagai panduan ketika anda menghadapi atau terkena gigitan seperti yang dijelaskan diatas.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply