Latihan Soal dan jawab Matematika materi bangun datar untuk SMP

 0
Latihan Soal dan jawab Matematika materi bangun datar untuk SMPby adminon.Latihan Soal dan jawab Matematika materi bangun datar untuk SMPLatihan Soal dan jawab Matematika materi bangun datar untuk SMP – Matematika memang menjadi pelajaran yang mungkin tak banyak disukai, namun ini bukan soal suka atau tidak, namun yang namanya hidup pasti penuh dengan perhitungan, dan pastinya tak hanya meliputi angka, namun spesifikasi pembelajarannya adalah bangun datar, dengan menghitung panjang lebar dan tinggi dari suatu […]

Latihan Soal dan jawab Matematika materi bangun datar untuk SMP – Matematika memang menjadi pelajaran yang mungkin tak banyak disukai, namun ini bukan soal suka atau tidak, namun yang namanya hidup pasti penuh dengan perhitungan, dan pastinya tak hanya meliputi angka, namun spesifikasi pembelajarannya adalah bangun datar, dengan menghitung panjang lebar dan tinggi dari suatu bentuk bidang, Kali ini mari kita sama-sama belajar akan pentingnya matematika, dan mencoba untuk membahas teori yang tidak terlalu sulit, namun tetap harus sesuai dengan apa yang telah di sampaikan sebelumnya di kelas.

matematika smp

Dan untuk kesempatan ini, silahkan siswa bisa mencoba untuk memahahi teori matematika tentang bangun datar berikut ini :

Di antara gambar-gambar berikut, manakah yang sebangun?

latihan 1

Jawab:
a. Perhatikan persegipanjang IJKL dan persegi MNOP.
(i) Perbandingan panjang sisi-sisi yang bersesuaian adalah

IJ/MN = 6/2 ; JK/NO = 2/2 ; KL/OP = 6/2 ; LI/PM = 2/2

Jadi, sisi-sisi yang bersesuaian pada persegipanjang IJKL dan persegi MNOP tidak sebanding.

(ii) Besar setiap sudut pada persegipanjang dan persegi adalah 90° sehingga sudut-sudut yang bersesuaian pada persegipanjang IJKL dan persegi MNOP sama besar.
Dari (i) dan (ii) dapat disimpulkan bahwa persegipanjang IJKL dan persegi MNOP tidak sebangun.

b. Perhatikan persegi MNOP dan persegi QRST.
(i) Perbandingan panjang sisi-sisi yang bersesuaian adalah

MN/QR = 2/6 ; NO/RS = 2/6 ; OP/ST = 2/6 ; PM/TQ = 2/6

Jadi, sisi-sisi yang bersesuaian pada persegi MNOP dan persegi QRSTsebanding.
(ii) Oleh karena bangun MNOP dan QRST berbentuk persegi, besar setiap sudutnya 90˚ sehingga sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua bangun tersebut sama besar.
Dari (i) dan (ii) dapat disimpulkan bahwa persegi MNOP dan persegi QRST sebangun.

c. Dari jawaban a telah diketahui bahwa persegipanjang IJKL tidak sebangun dengan persegi MNOP. Dengan demikian, persegipanjang IJKL juga tidak sebangun dengan persegi QRST.

Demikian ulasan mengenai latihan dan jawab materi matematika dengan bahasan bangun datar, semoga bisa menjadi bahan belajar agar bisa lebih memahami pelajaran yang diberikan oleh guru sekalian di sekolah.

Incoming search terms:

Author: 

Related Posts

Leave a Reply